Perkembangan Komputer Generasi Ke Generasi

Memang pada jaman ini komputer menjadi icon dalam perkembangan dunia. bahkan setiap harinya ada teknologi baru dalam termasuk komputer. bahkan sekarang banyak perusahaan yang mulai merambah kedunia teknologi karena komputer menjadi salah satu icon dalam peradaban ini.

Penemu Komputer

Penemu komputer pertama adalah Charles Babbage, yang telah menyumbangkan idenya dan karyanya dimata dunia dari dulu sampai sekarang dan menjadi salah satu penemu sejarah komputer pertama kali.

Difference Engine no.1 yang ditemukan oleh Chareles Babbage. Merupakan salah satu icon, yang paling populer dan terkenal dalam sejarah. Babbage juga memiliki julukan bapak komputer, The Charles Babbage Foundation, dia memakai namanya untuk menghargai jasa atas penemuanya terhadap dunia komputer.

Generasi Komputer

Komputer Generasi Pertama

Generasi komputer pertama teradi pada tahun 1940-1959. dan dikenal elektronik atau bisa di sebut dengan ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator). Merupakan salah satu yang digunakan sebagai kebutuhan umum.

Sejarah Komputer

Pada generasi pertama tabung vakum digunakan untuk menyimpan dan memproses sebuah data. resiko dari penggunaan tabung vakum adalah cepat panas dan mudah terbakar, solusinya dalam satu komputer terdapat beribu-ribu tabung vakum diperlukan untuk menjalankan proses pada sebuah komputer. dan menghabiskan banyak listrik yang menyebabkan gangguan elektrik di kawasan sekitarnya. Komputer generasi pertama ini 100% elektronik dan membantu para ahli dalam menyelesaikan masalah perhitungan dengan cepat dan tepat.

Komputer Generasi Kedua

Pada tahun 1948, transistor sangat berpengaruh dalam teknologi komputer. Transistor ini dapat mengganti tabung vakum di televisi, radio, dan komputer. Awal mula Transistor digunakan tahun 1956 dan komputer generasi kedua ini memiliki ukuran lebih kecil, lebih cepat, dan hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer.

Sejarah Komputer

Komputer generasi kedua ini menggunakan bahasa assembly yang merupakan bahasa yang berisi singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner dan komputer pada masa ini memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.

Komputer Generasi Ketiga

Generasi sebelumnya transistor memiliki banyak kelebihan, akan tetapi transisor menghasilkan panas yang cukup besar sehingga dapat merusak bagian bagian inti dari komputer. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958.

Sejarah Komputer

IC mengkombinasikan tiga komponen dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Kemudian para ilmuwan mulai memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Pada generasi ketiga ini mulai digunakanya sistem operasi (Operating System) yang membuat mesin menjadi multitasking dan mengkoordinasi memori komputer.

Komputer Generasi Keempat

Pada awal 80-an sampai sekarang termasuk komputer generasi ke empat dimana Large Scale Integration (LSI) berisi banyak komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal dan sampai Ultra-Large Scale Integration (ULSI) dapat memuat komponen sampai jutaan. dengan adanya teknologi ini komputer memiliki harga yang menjadi lebih murah.

Sejarah Komputer

Chip Intel 4004 dibuat ditahun 1971 dapat mengembangkan IC dengan disimpan disemua komponen komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil, dan pada masa ini mikroprosesor dapat dibuat dan diprogram sesuai dengan keiginan dan kebutuhan.

Komputer Generasi Kelima

Pada masa ini terdapat dua kemajuan rekayasa terutama pada kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model nonNeumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *